Representasi perpustakaan dalam film animasi telah banyak diteliti, namun penelitian tentang representasi perpustakaan dalam film animasi yang diproduksi di Indonesia masih sangat jarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi representasi perpustakaan dalam film animasi Bona and Friends episode “Ke Perpustakaan” di YouTube Majalah Bobo. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan semiotika Roland Barthes untuk mengidentifikasi makna denotasi, konotasi, dan mitos. Unit analisis terdiri dari audio dan visual. Audio merujuk pada narasi oleh narator, dialog oleh tokoh-tokoh di dalam film, dan musik. Visual meliputi setting dan gesture/aksi. Setting mencakup fasilitas, tata letak, pencahayaan, dan warna. Pengumpulan data penelitian menggunakan teknik observasi pada film animasi Bona and Friends episode “Ke Perpustakaan” serta pendokumentasian melalui tangkap layar setiap adegan yang terkait dengan perpustakaan. Langkah-langkah penelitian adalah: 1) menentukan objek penelitian; 2) mendokumentasikan film dengan cara mengunduh, melakukan tangkap layar setiap adegan, dan mencatat dialog terkait perpustakaan; 3) menganalisis adegan yang merepresentasikan perpustakaan dan mengkategorikan berdasarkan makna denotasi, konotasi, dan mitos melalui komponen audio dan visual; 4) menyusun kesimpulan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan perpustakaan direpresentasikan sebagai perpustakaan anak yang berfungsi sebagai tempat menyimpan dan meminjam bermacam-macam buku. Representasi perpustakaan anak tersebut meliputi komponen-komponen berupa pustakawan, pemustaka, serta fasilitas yang mendukung aktivitas perpustakaan. Penelitian menyimpulkan representasi perpustakaan menekankan pada penggunaan dan sistem digital yang mampu mendukung aktivitas pencarian buku secara efektif dan efisien.
Copyrights © 2025