Maraknya kebiasaan menunda penyelesaian tugas dari mahasiswa menjadi permasalahan utama pada penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tentang peran dari locus of control dalam layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan motivasi berprestasi mahasiswa, populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa bimbingan dan konseling dengan sampel berjumlah 8 orang. Instrumen pengumpulan data yaitu angket motivasi berprestasi. Data yang telah diperoleh diolah lalu dianalisis menggunakan metode deskriptif dan inferensial menggunakan uji dependent sample T-test. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok terdapat 8 mahasiswa memiliki tingkat motivasi berprestasi yang rendah. Setelah diberikan layanan bimbingan kelompok terdapat 7 mahasiswa yang berada pada klasifikasi tinggi dan 1 mahasiwa berada pada klasifikasi sangat tinggi,ini menunjukkan jika 8 mahasiswa yang menjadi sampel dalam penelitian ini mengalami peningkatan setelah mengikuti layanan bimbingan kelompok. Hasil analisis inferensial menunjukkan nilai signifikansi 0,00 dan nilai tersebut < 0,05 artinya terdapat pengaruh dari peran Locus Of Control untuk meningkatkan motivasi berprestasi mahasiswa melalui bimbingan kelompok.
Copyrights © 2025