Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 10 No. 4 (2025): November

Penegaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Karakter Gotong Royong di TK PGRI Tanak Embang

Dewi, Anggi Septiana (Unknown)
Rachmayani, Ika (Unknown)
Tahir, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Nov 2025

Abstract

Anak usia dini adalah anak yang masih berada pada rentang usia 0-6 tahun. Pada masa ini anak mengalami masa keemasan atau golden age, pada masa keemasan ini anak memerlukan stimulasi pendidikan yang tepat untuk mengembangkan karakter termasuk karakter gotong royong sebagai salah satu dimesi profil pelajar pancasila. Namun penanamanny di TK PGRI Tanak Embang masih menghadapi berbagai tantangan sehingga diperlukan model pembelajaran yang interaktif dan kolaboratif seperti PJBL untuk mendukung perkembangan karakter gotong royong lebih efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap karakter gotong royong anak usia dini. Penelitian ini dilaksanakan di TK PGRI Tanak Embang yang berlokasi di Desa Selebung, Lombok Tengah. Subjek dalam penelitian ini adalah 30 peserta didik kelompok B tahun ajaran 2024/2025. Jenis penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimental dengan pendekatan kuantitatif menggunakan desain one group pretest-posttest. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi uji validitas, uji prasyarat (normalitas dan homogenitas), serta uji hipotesis dengan Paired Sample t-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata post-test lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata pre-test, dan uji hipotesis menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0,000 (< 0,05), yang berarti terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran Project Based Learning terhadap peningkatan karakter gotong royong anak. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran Project Based Learning memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan karakter gotong royong peserta didik kelompok B di TK PGRI Tanak Embang.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...