Sarana Pendidikan adalah peralatan dan perlengkapan yang secara langsung dipergunakan dalam proses belajar mengajar, seperti gedung, ruang kelas, meja, kursi, serta media pengajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakkan sarana dan prasarana ruang kelas dalam mendukung aktivitas bermain anak usia dini di kecamatan cakranegara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif yang bersifat dedukatif, dimana penelitian ini bersandar pada kevalidan populasi dan sampel yang digunakan. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa sarana dan prasarana ruang kelas dalam mendukung aktivitas bermain anak usia dini dari hasil pengolahan data melalui uji validitas dengan 12 butir item dari variabel standar sarana dan prasarana (X) dan aktivitas bermain anak usia dini (Y). Uji validitas yang dilakukan menunjukkan bahwa pada variabel X butir item ke 5 dan variabel Y pada butir item 11 dan 12 memiliki nilai pengujian yang sama yakni 0,594, dalam aturan yang digunakan hasil pengujian tersebut berada di skala nilai 0,40 – 0,599. Berdasarkan dari hasil pengolahan data terkait sarana dan prasarana ruang kelas serta aktivitas bermain anak usia dini dapat disimpulkan bahwa sarana dan prasarana di dalam ruangan maupun di luar ruangan mendukung aktivitas kegiatan bermain anak usia dini. Hal tersebut ditunjukkan dengan hasil pengujian pada linearitas menunjukkan korelasi atau hubungan yang baik antaran variabel X dan Y nilai signifikan yang diperoleh lebih besar dari 0,05. Dapat disimpulkan sarana dan prasarana ruang kelas dalam mendukung aktivitas bermain anak usia dini di kecamatan cakranegara layak dipakai.
Copyrights © 2025