Jurnal Disrupsi Bisnis
Vol. 8 No. 6 (2025): Jurnal Disrupsi Bisnis

Peran Visual Merchandising, Store Atmosphere, dan Persepsi Harga dalam Mendorong Keputusan Pembelian Konsumen pada Toko MR. DIY Sidoarjo

Chandra, Rio (Unknown)
Sari, Dewi Komala (Unknown)
Febriansah, Rizky Eka (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Nov 2025

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Visual Merchandising, Store Atmosphere, dan Price Perception terhadap keputusan pembelian konsumen pada toko MR. DIY Sidoarjo. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen MR. DIY di Sidoarjo sejumlah 96 orang, dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Lokasi penelitian berada di Sidoarjo, dan data diolah menggunakan program SmartPLS 4. Berdasarkan hasil analisis, diketahui bahwa Visual Merchandising (X1) berpengaruh positif signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y), ditunjukkan oleh nilai koefisien parameter sebesar 0.166 dengan nilai T-statistic 2.156 > 1.96 dan P-values 0.031 < 0.05, sehingga hipotesis H1 diterima. Store Atmosphere (X2) juga berpengaruh positif signifikan terhadap Keputusan Pembelian, dengan nilai koefisien parameter 0.425, T-statistic 6.310 > 1.96 dan P-values 0.000 < 0.05, sehingga hipotesis H2 diterima. Selanjutnya, Price Perception (X3) terbukti berpengaruh positif signifikan terhadap Keputusan Pembelian, dengan nilai koefisien parameter 0.402, T-statistic 3.951 > 1.96 dan P-values 0.000 < 0.05, sehingga hipotesis H3 diterima.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

DRB

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Disrupsi Bisnis : Jurnal ilmiah yang diterbitkan 6 edisi dalam setahun yaitu pada bulan Januari, Maret, Mei, Juli, September dan November oleh Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang. Terbit sejak bulan Juli tahun 2018. Fokus kajian jurnal ini adalah berkaitan dengan penelitian ...