PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran
Volume 9 Nomor 2 Oktober 2025

Revitalisasi Konsep Kepemimpinan Demokratis Ki Hajar Dewantara dalam Manajemen Konflik untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan

suyono, suyono (Unknown)
Roesminingsih, Erny (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Oct 2025

Abstract

Kepemimpinan mempunyai peranan yang penting dalam eksistensi suatu bangsa dan masyarakat.Realitasnya bangsa Indonesia sedang mengalami krisis kepemimipinan. Krisis kepemimpinan disebabkan; (1) model kepemimpinan yang dibangun di masyarakat adalah sesuatu yang salah; (2) situasi di Indonesia sekarang dimana konsep kepemimpinan belum terbangun, sehingga muncul politisi aktor dadakan atau kepemimpinan transaksional. Konsep-konsep mengenai kepemimpinan demokratis bukan monopoli literatur barat, namun dapat ditemukan dengan menggali nilai-nilai kearifan lokal berupa kepemimpinan dan kebijakan hidup untuk dijadikan pegangan para pemimpin. Salah satunya adalah ajaran kepemimpinan demokratis yang digagas oleh Bapak Pendidikan Nasional Ki Hajar Dewantara. Mengelola konflik diperlukan sebuah terobosan baru. Melalui trilogi yang dimiliki Ki Hajar Dewantara ini seyogyanya mampu diterapkan dalam manajemen konflik sebuah organisasi. Ki Hajar Dewantara menjalankan kepemimpinannya di Taman Siswa menggunakan konsep trilogi kepemimpinan, yaitu Ing Ngarso Sung Tuladha, Ing Madya Mangun Karsa, Tut Wuri Handayani Secara tegas dalam pengertian tersebut, seorang pemimpin harus memiliki ketiga sifat tersebut agar dapat menjadi panutan bagi anggotanya.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pembelajar

Publisher

Subject

Education

Description

PEMBELAJAR menerbitkan hasil pemikiran dan hasil penelitian yang ditulis oleh pakar, pendidik, ilmuan, dan praktisi pendidikan pada bidang Pendidikan, Keguruan, dan ...