Jurnal Harmoni Nusa Bangsa
Vol 3, No 1 (2025): HARMONI NUSA BANGSA

Pendekatan Interdisipliner dalam Pendidikan Kewarganegaraan untuk Membentuk Karakter Mahasiswa di Era Global

Sukron, Mazid (Universitas Tidar)
Istianah, Anif (Universitas Nusa Cendana, Indonesia)
Novitasari, Novitasari (Universitas Tidar)
Wirotomo, Giri Harto (Universitas Negeri Semarang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2025

Abstract

Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) sebagai mata kuliah wajib di perguruan tinggi memiliki peran strategis dalam membentuk karakter mahasiswa di tengah tantangan era global. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi pembelajaran PKn dengan pendekatan interdisipliner yang mengintegrasikan aspek politik, hukum, sosial, budaya, agama, dan teknologi dalam proses perkuliahan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk menggali data secara komprehensif mengenai praktik pembelajaran PKn. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan interdisipliner mampu memperkuat pemahaman mahasiswa terhadap nilai-nilai kebangsaan, demokrasi, hak asasi manusia, serta civic disposition yang relevan dengan kehidupan global. Selain itu, pembelajaran PKn tidak hanya berorientasi pada transfer pengetahuan, tetapi juga pada internalisasi nilai moral, keterampilan berpikir kritis, dan kemampuan adaptif mahasiswa terhadap dinamika globalisasi. Dengan demikian, PKn di perguruan tinggi berfungsi sebagai wahana pembentukan karakter, penguatan identitas kebangsaan, sekaligus penyiapan generasi muda yang memiliki kepribadian religius, nasionalis, dan kosmopolit.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JHNB

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Ruang lingkup JHNB adalah semua kajian terkait dengan mata kuliah wajib perguruan tinggi, mata kuliah penciri perguruan tinggi, dan mata kuliah lain yang ...