Jurnal Farmasi Komunitas
Vol. 12 No. 1 (2025): JURNAL FARMASI KOMUNITAS

Profil Pemilihan Produk Anti-Acne oleh Mahasiswa Berdasarkan Informasi dari Media Sosial

Azizah, Imroatul (Unknown)
Dewi, Amalia Frida Yustika (Unknown)
Rahma, Arina Felisia (Unknown)
Elfaza, Asyifa Hasna (Unknown)
Waludri, Chessa Failazhufa (Unknown)
Annisa, Desinta Anggi Chusna (Unknown)
Balqis, Dewi Nabilatul (Unknown)
Febrina, Jasmine Aura (Unknown)
Mu’min, Khaerul (Unknown)
Salsabila, Nisrina (Unknown)
Divani, Zavira Putri (Unknown)
Puspitasari, Hanni Prihastuti (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 May 2025

Abstract

Perubahan hormonal selama pubertas sering menyebabkan timbulnya masalah jerawat pada remaja, dengan prevalensi mencapai lebih dari 85% dan dapat berlanjut hingga dewasa. Kondisi ini membuat banyak remaja mulai mencari informasi mengenai produk anti-acne dengan memanfaatkan media sosial yang kini sangat mudah untuk diakses. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemilihan produk anti-acne berdasarkan informasi dari media sosial pada mahasiswa Universitas Airlangga. Desain penelitian ini menggunakan kuantitatif deskriptif dengan pendekatan cross-sectional. Pengambilan sampel dilakukan pada178 responden menggunakan metode accidental dan snowball sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebarkan melalui QR maupun link pada tanggal 5 Maret - 14 Maret 2025. Data dianalisis secara deskriptif menggunakan program IBM SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas responden (76,9%) mengakui adanya pengaruh media sosial terhadap keputusan pembelian produk anti-acne. Instagram merupakan platform media sosial yang paling banyak digunakan (35,2%), diikuti platform TikTok (33,6%). Meskipun terpengaruh, mayoritas responden (55,6%) menunjukkan perilaku kritis dengan terlebih dahulu memeriksa ulasan dan testimoni orang lain sebelum membeli produk anti-acne yang viral, sehingga keputusan pembelian produk anti-acne tertinggi adalah karena produk memiliki ulasan yang bagus (30,9%), diikuti dengan produk direkomendasikan oleh banyak orang (28,0%), dan kandungan bahan anti-acne yang telah diketahui (22,5%). Media sosial memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk anti-acne pada mahasiswa. Adanya kewaspadaan yang tinggi membuat keputusan pembelian sangat bergantung pada informasi dan penilaian terhadap produk anti-acne.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JFK

Publisher

Subject

Health Professions Medicine & Pharmacology Public Health

Description

The aim of Jurnal Farmasi Komunitas (JFK) is to publish exciting, empirical research, recent science development, and high-quality science that addresses fundamental questions in pharmacy practice. JFK publishes articles in pharmacy practice area including: 1. Clinical and Community Pharmacy 2. ...