Jurnal Tren Bisnis Global
Vol 5, No 2 (2025): JURNAL TREN BISNIS GLOBAL

Analisis Implementasi Strategi E-commerce dalam Meningkatkan Daya Saing Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM)

Rahmawati, Nur (Unknown)
Almuntaha, Eska (Unknown)
Aisah, Nurul (Unknown)
Hidayati, Fika (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Nov 2025

Abstract

Kemajuan teknologi informasi yang didukung oleh infrastruktur dan regulasi yang memadai memudahkan UMKM melakukan bisnis berbasis digital. Strategi e-commerce menjadi kunci keberhasilan pengembangan bisnis berbasis digital. Penelitian dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif. Tujuan penelitian untuk menganalisis implementasi strategi e-commerce dalam meningkatkan daya saing Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia. Sumber data yang dipergunakan adalah data primer dari hasil wawancara dan data sekunder yang bersumber dari Badan Pusat Statistik (BPS) serta artikel ilmiah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertumbuhan E-commerce menunjukkan angka yang signifikan dan memberikan dampak positif dalam peningkatan daya saing UMKM seperti peningkatan omset penjualan, akses pasar menjadi lebih luas, kemudahan trasaksi, dan efisiensi biaya operasional. Akan tetapi, UMKM menghadapi tantangan dalam pengembangan e-commerce karena keterbatasan modal, kurangnya pelatihan, dan keterbatasan infrastruktur internet.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JTBG

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Tren Bisnis Global (JTBG) adalah jurnal akses terbuka peer-review yang diterbitkan dua kali setahun (Mei dan November), jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Institut Teknologi Dan Bisnis Bina Sarana Global. Jurnal JTBG bertujuan untuk menyediakan forum nasional bagi para peneliti dan ...