Kemajuan teknologi informasi yang didukung oleh infrastruktur dan regulasi yang memadai memudahkan UMKM melakukan bisnis berbasis digital. Strategi e-commerce menjadi kunci keberhasilan pengembangan bisnis berbasis digital. Penelitian dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif. Tujuan penelitian untuk menganalisis implementasi strategi e-commerce dalam meningkatkan daya saing Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia. Sumber data yang dipergunakan adalah data primer dari hasil wawancara dan data sekunder yang bersumber dari Badan Pusat Statistik (BPS) serta artikel ilmiah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertumbuhan E-commerce menunjukkan angka yang signifikan dan memberikan dampak positif dalam peningkatan daya saing UMKM seperti peningkatan omset penjualan, akses pasar menjadi lebih luas, kemudahan trasaksi, dan efisiensi biaya operasional. Akan tetapi, UMKM menghadapi tantangan dalam pengembangan e-commerce karena keterbatasan modal, kurangnya pelatihan, dan keterbatasan infrastruktur internet.
Copyrights © 2025