Jurnal Perspektif Bisnis
Vol. 8 No. 1 (2025): Jurnal Perspektif Bisnis

PERAN KEPUASAN KONSUMEN DALAM MEMEDIASI PENGARUH REBRANDING DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MAKO CAKE AND BAKERY

Kanesha Sepdwita Nefri (Unknown)
Nur Efendi (Unknown)
Hani Damayanti Aprilia (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Aug 2025

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh rebranding dan kualitas produk terhadap loyalitas melalui kepuasan konsumen Mako Cake and Bakery. Dengan pendekatan kuantitatif berbasis explanatory research, populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Mako Cake and Bakery. Teknik pengambilan sampel ditentukan dengan menggunakan purposive sampling sebanyak 385 responden yang diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner. Analisis data menggunakan Partial Least Square (PLS) dengan SmartPLS4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik rebranding maupun kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Namun, loyalitas hanya dipengaruhi secara langsung oleh rebranding dan kepuasan konsumen, sedangkan kualitas produk secara tidak langsung memengaruhi loyalitas melalui kepuasan konsumen. Penelitian ini menyoroti bahwa rebranding memainkan peran pengaruh yang lebih signifikan terhadap loyalitas, daripada kualitas produk, yang hanya secara tidak langsung memengaruhi loyalitas melalui dampaknya terhadap kepuasan konsumen. Penelitian ini berkontribusi pada literatur perilaku konsumen dan peran rebranding serta kualitas produk dalam loyalitas yang dimediasi oleh kepuasan konsumen, khususnya pada industri roti. Penelitian ini merekomendasikan agar bisnis memprioritaskan rebranding yang efektif dan menjaga kualitas produk, untuk memastikan pengalaman berbelanja yang positif dan meningkatkan loyalitas.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpb

Publisher

Subject

Control & Systems Engineering Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Perspektif Bisnis is journal peer review, published twice in a year (May and November) by Administrasi Bisnis-FISIP Universitas Lampung. Topics of published article are theoretical and empirical research which focused on studies on business (finance, marketing, information systems, ...