ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh rebranding dan kualitas produk terhadap loyalitas melalui kepuasan konsumen Mako Cake and Bakery. Dengan pendekatan kuantitatif berbasis explanatory research, populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Mako Cake and Bakery. Teknik pengambilan sampel ditentukan dengan menggunakan purposive sampling sebanyak 385 responden yang diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner. Analisis data menggunakan Partial Least Square (PLS) dengan SmartPLS4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik rebranding maupun kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Namun, loyalitas hanya dipengaruhi secara langsung oleh rebranding dan kepuasan konsumen, sedangkan kualitas produk secara tidak langsung memengaruhi loyalitas melalui kepuasan konsumen. Penelitian ini menyoroti bahwa rebranding memainkan peran pengaruh yang lebih signifikan terhadap loyalitas, daripada kualitas produk, yang hanya secara tidak langsung memengaruhi loyalitas melalui dampaknya terhadap kepuasan konsumen. Penelitian ini berkontribusi pada literatur perilaku konsumen dan peran rebranding serta kualitas produk dalam loyalitas yang dimediasi oleh kepuasan konsumen, khususnya pada industri roti. Penelitian ini merekomendasikan agar bisnis memprioritaskan rebranding yang efektif dan menjaga kualitas produk, untuk memastikan pengalaman berbelanja yang positif dan meningkatkan loyalitas.
Copyrights © 2025