Media pembelajaran merupakan alat atau sarana untuk menunjang keberhasilan suatu pembelajaran di kelas maupun di luar kelas. Pada dunia teknolgi ini, siswa dapat mengakses media pembelajaran yang menarik dan interaktif yang dapat di aplikasikan dengan mudah di Sekolah dan di rumah, sehingga motivasi siswa dalam belajar semakin meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan aplikasi media pembelajaran berbasis android pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam SMK kelas X materi hakikat mencintai Allah Swt, khauf, raja, dan tawakal kepadanya. Selain itu, penelitian ini juga dilakukan untuk mengetahui kelayakan aplikasi yang dihasilkan berdasarkan aspek kevalidan, keefektifan dan kepraktisan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan model ADDIE yang memiliki 5 tahapan yaitu: analisis (analysis), desain produk (design), pengembangan produk (development), uji coba produk (implementation), dan evaluasi (evaluation). Instrumen yang digunakan berupa lembar uji validitas, angket uji kepraktisan dan posttest. Lembar uji kevalidan bertujuan untuk mengetahui tingkat kevalidan, angket uji kepraktisan bertujuan untuk mengetahui tingkat kepraktisan dan posttest bertujuan untuk mengetahui tingkat keefektifan. Hasil penelitian menunjukkan kualitas produk yang dihasilkan berdasarkan (1) aspek kevalidan memenuhi kriteria valid dengan rata-rata persentase validator nantinya, (2) aspek keefektifan memenuhi kriteria efektif dengan ketuntasan belajar klasikal siswa, (3) aspek kepraktisan memenuhi kriteria praktis dengan rata-rata total angket respon siswa.Â
Copyrights © 2023