J-CEKI
Vol. 5 No. 1: Desember 2025

Penerapan Model Pendidikan Inklusif di SMA IT Darul Fikri Makassar

Ardini, Muthia Syafira (Unknown)
Ansar, Ahlun (Unknown)
Salzabila, Salzabila (Unknown)
Rahayu, Nur Misba (Unknown)
Arismunandar, Arismunandar (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Dec 2025

Abstract

Pendidikan inklusif di SMA Darul Fikri dilaksanakan sebagai bentuk komitmen sekolah dalam memberikan kesempatan belajar yang setara bagi seluruh peserta didik, termasuk anak berkebutuhan khusus (ABK). Sekolah ini memiliki kebijakan khusus yang diatur oleh Departemen Inklusi, yang bertanggung jawab terhadap proses observasi, asesmen, pendampingan, dan evaluasi perkembangan siswa ABK. Setiap siswa dengan kebutuhan khusus didampingi oleh guru pendamping khusus (GPK) yang berperan dalam menyesuaikan kurikulum, metode pembelajaran, serta penilaian agar sesuai dengan kemampuan individu siswa. SMA Darul Fikri juga menyediakan fasilitas pendukung seperti ruang terapi, alat bantu belajar, dan ruang bermain yang ramah bagi siswa inklusif. Meskipun pelaksanaan pendidikan inklusif berjalan baik, sekolah masih menghadapi tantangan dalam hal konsistensi dukungan dari orang tua di rumah, terutama terkait penggunaan gadget dan pola makan anak. Namun demikian, komunikasi dan kolaborasi antara sekolah, guru, dan orang tua terus diperkuat untuk menciptakan lingkungan belajar yang aman, nyaman, dan adaptif bagi seluruh siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

J-CEKI

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences

Description

J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. J-CEKI terbit 6 kali dalam setahun atau tiap 2 bulan sekali. J-CEKI menerbitkan artikel bidang Humaniora dan Ilmu Sosial. Humaniora: Bahasa dan Linguistik, Sejarah, Sastra, Seni Pertunjukan, Filsafat, Agama, Seni Rupa. Ilmu ...