J-CEKI
Vol. 5 No. 1: Desember 2025

Peran Guru Kelas dalam Pembentukan Disiplin Siswa di SDN Inpres 5/81 Madidir

Mangantes, Meisie (Unknown)
Timbowo, Afriani Putri (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Nov 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru kelas dalam pembentukan disiplin siswa di SDN 5/81 Madidir. Disiplin merupakan prasyarat fundamental bagi terciptanya iklim belajar yang kondusif, Rusdianto (2025). Penelitian ini menggunakan metode kualitatid dengan menggunakan pendekatan studi kasus, penelitian ini berfokus pada hasil dari implementasi dan pembentukan disiplin siswa yang dilakukan oleh guru kelas. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan analisis dokumen. Hasil penelitian mengidentifikasi bahwa peran guru tidak hanya berperan sebagai penegak aturan, tetapi juga sebagai model/teladan, Pembimbing dan fasilitator. Penelitian ini merekomendasikan peningkatan pelatihan guru dalam disiplin positif dan pendekatan restoratif untuk mengoptimalkan pembentukan kedisiplinan siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

J-CEKI

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences

Description

J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. J-CEKI terbit 6 kali dalam setahun atau tiap 2 bulan sekali. J-CEKI menerbitkan artikel bidang Humaniora dan Ilmu Sosial. Humaniora: Bahasa dan Linguistik, Sejarah, Sastra, Seni Pertunjukan, Filsafat, Agama, Seni Rupa. Ilmu ...