This research aimed to describe the influence of parents perception of formal education and living environment on child labor in Pidada Sub District, Panjang Bandar Lampung. There search method which was used was descriptive quantitative method. The sample in this research was taken by 10% error. The data collection technique which was used was a questionnaire. Data analysis using SPSS 17. The analysis results of the research data processing was found that there was a negative significant effect between parents perception of formal education on child labor. There was a negative significant effect between parents perception of living environment on child labor.And there was a negative significant effect between parents perception of formal education and living environment on child labor. More better parents perception of formal education and living environment so child labor will decrease more.Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh persepsi orang tua tentang pendidikan formal dan lingkungan tempat tinggal terhadap pekerja anak di Kelurahan Pidada Kecamatan Panjang Kota Bandar Lampung. Metode yang digunakan penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan tingkat kesalahan 10%. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Analisis data menggunakan SPSS17.Hasil analisis dari pengolahan data penelitian diketahui ada pengaruh negatif signifikan antara persepsi orang tua tentang pendidikan formal terhadap pekerja anak. Ada pengaruh negatif signifikan antara persepsi orang tua tentang lingkungan tempat tinggal terhadap pekerja anak. Serta ada pengaruh negatif signifikan antara persepsi orang tua tentang pendidikan formal dan lingkungan tempat tinggal terhadap pekerja anak. Semakin baik persepsi tua tentang pendidikan formal dan lingkungan tempat tinggal maka pekerja anak akan semakin menurun.Kata kunci : lingkungan, pekerja anak, pendidikan formal, orang tua
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2017