J-CEKI
Vol. 5 No. 1: Desember 2025

Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar di Era Digital Serta Implikasinya Terhadap Proses Pembelajaran

Mangantes, Meisie Lenny (Unknown)
Taroreh, Imanuel W. E. (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Dec 2025

Abstract

Perkembangan teknologi digital memengaruhi pola belajar siswa sekolah dasar, khususnya dalam hal motivasi belajar. Penggunaan gawai yang tidak terarah menyebabkan distraksi dan rendahnya fokus siswa terhadap pembelajaran. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penyebab rendahnya motivasi belajar siswa di era digital serta merumuskan strategi peningkatannya. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif melalui observasi, wawancara dengan siswa, guru, dan kepala sekolah, serta dokumentasi di SD Negeri II Tomohon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penurunan motivasi belajar disebabkan oleh distraksi digital, metode pembelajaran yang monoton, kurangnya pemanfaatan teknologi yang inovatif oleh guru, serta kurangnya dukungan sistemik di tingkat sekolah. Data wawancara menunjukkan bahwa siswa lebih tertarik pada hiburan digital, guru kesulitan mengendalikan fokus siswa, dan kepala sekolah melihat perlunya pelatihan pedagogik digital. Teknologi terbukti mampu meningkatkan keterlibatan siswa apabila digunakan secara tepat melalui media visual dan interaktif. Penelitian ini menegaskan pentingnya inovasi pembelajaran dan penguatan kompetensi digital guru.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

J-CEKI

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences

Description

J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. J-CEKI terbit 6 kali dalam setahun atau tiap 2 bulan sekali. J-CEKI menerbitkan artikel bidang Humaniora dan Ilmu Sosial. Humaniora: Bahasa dan Linguistik, Sejarah, Sastra, Seni Pertunjukan, Filsafat, Agama, Seni Rupa. Ilmu ...