Educational of Indonesian Journal (Edunesia Journal)
Vol 1 No 01 (2024): Edunesia Journal: Educational of Indonesian Journal

TINGKAT MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI DI MA AL-HAMIDAH PADA MASA PANDEMI

Choirul Rizzchi Aminudin (Unknown)
Wiwik Kusdaryani (Unknown)
Tri Hartini (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Feb 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat motivasi belajar siswa kelas XI di MA AL-Hamidah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif yang bertujuan mengungkapkan suatu apa adanya. Subyek yang menjadi bahan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI di MA AL-Hamidah dengan jumlah siswa 36. Nilai tingkat motivasi belajar diperoleh dari nilai penyebaran skala penelitian yang telah dianalisis validitas dan reabilitas. Analisis yang digunakan untuk menguji validitas adalah korelasi product moment dan reliabilitas menggunakan rumus alpha. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat tingginya tingkat motivasi belajar siswa pada masa pandemi di MA AL-Hamidah. Hasil analisis diketahui bahwa jumlah skor terendah adalah 0,353, skor tertinggi adalah 0,952, untuk skor rata-rata adalah 0,652. Maka dapat dikatakan jumlah skor dapat diklasifikasikan dalam kategori motivasi belajar siswa pada masa pandemi kelas XI di MA AL-Hamidah dengan presentase 100%. Adapun tabel distribusi frekuensi motivasi belajar siswa pada masa pandemi adalah sebagai berikut: 6 siswa dengan kategori sangat tinggi dengan persentase 16,2%, 5 siswa pada kategori tinggi dengan persentase 13,9%, 21 siswa pada kategori cukup tinggi dengan persentase 58,3%, dan 4 siswa pada kategori rendah dengan persentase 11,1%. Maka artinya terdapat tingkat motivasi belajar siswa pada masa pandemi yang cukup tinggi. Saran yang dapat peneliti sampaikan mengharapkan agar para siswa MA untuk terus meningkatkan semangatnya dalam belajar, walaupun dalam kondisi pandemi. Kata kunci: motivasi, motivasi belajar, siswa SMA

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Ejour

Publisher

Subject

Chemistry Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Educational of Indonesian Journal (Edunesia Journal) is an academic publication that focuses on the field of education in Indonesia. This journal is an important source of information for researchers, academics, educational practitioners, and parties interested in developing and improving the ...