Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya penguatan karakter Profil Pelajar Pancasila melalui pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) di SMP Negeri 19. Profil Pelajar Pancasila merupakan landasan dalam pembentukan generasi bangsa yang beriman, berkebhinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif. Pembelajaran PJOK, yang berfokus pada aktivitas fisik dan nilai-nilai sportivitas, diyakini memiliki potensi besar dalam menanamkan karakter-karakter tersebut secara kontekstual dan aplikatif. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap guru PJOK dan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran aktif, penanaman nilai-nilai sportivitas, kerja sama dalam permainan tim, serta refleksi nilai-nilai Pancasila dalam setiap kegiatan PJOK dapat memperkuat karakter peserta didik sesuai dengan dimensi Profil Pelajar Pancasila. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran PJOK berperan penting sebagai sarana efektif dalam mendukung terbentuknya karakter pelajar yang selaras dengan nilai-nilai Pancasila di lingkungan sekolah.
Copyrights © 2025