Pelatihan keterampilan problem solving bagi pengurus Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar (HMJ PG-PAUD FIP UNM) dilaksanakan pada tanggal 27 Juli 2025 bertempat di Mini Theater FIP UNM, dan diikuti oleh 24 pengurus baru HMJ PG-PAUD. Kegiatan pengabdian ini diselenggarakan sebagai respons terhadap berbagai persoalan organisasi seperti konflik internal, rendahnya partisipasi anggota, stagnasi ide program kerja, serta rendahnya efektivitas pengambilan keputusan. Pelatihan bertujuan meningkatkan kemampuan pengurus dalam mengidentifikasi masalah, menganalisis akar penyebab, dan merumuskan solusi secara sistematis menggunakan teori Six Thinking Hats dari De Bono. Metode pelaksanaan menggunakan pendekatan Participatory Action Research (PAR) melalui ceramah interaktif, diskusi studi kasus, serta simulasi dan role-play berbasis empat kasus nyata organisasi mahasiswa. Tahap pelaksanaannya meliputi (1) identifikasi masalah bersama; (2) perencanaan tindakan kolaboratif; (3) pelaksanaan tindakan; (4) evaluasi bersama; dan (5) refleksi dan pembelajaran lanjutan. Evaluasi dilakukan melalui pre-test dan post-test, yang menunjukkan peningkatan rata-rata skor dari 58,17 menjadi 85,83. Hasil uji Wilcoxon sign-rank = 0,000 (p < 0.05), artinya terdapat perbedaan yang signifikan. Hasil pelatihan juga menunjukkan bahwa peserta mampu menerapkan teori six thinking hats dalam menganalisis masalah, mengelola konflik, dan menghasilkan solusi kreatif. Temuan ini menegaskan bahwa pelatihan problem solving berbasis six thinking hats efektif dalam meningkatkan kapasitas pengurus dan berkontribusi pada penguatan kinerja organisasi HMJ PG-PAUD FIP UNM.
Copyrights © 2025