JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)
Vol 11, No 2 (2025)

ETNOMATEMATIKA MERU DI BALI: REKONSTRUKSI PENGETAHUAN MATEMATIKA SEBAGAI INOVASI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DAN BERMAKNA

Adnyani, I Gusti Ketut (Unknown)
Dwi Handayani, Ni Made (Unknown)
Jenai, Yuliana Sinosi (Unknown)
Sumandya, I Wayan (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji unsur etnomatematika yang terdapat pada bangunan sakral Meru di Pura Batur, serta mengembangkan dan menguji modul ajar etnomatematika berbasis budaya lokal tersebut sebagai sumber belajar matematika yang bermakna bagi siswa SMP. Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed method dengan model studi etnografi dan uji coba pembelajaran (one-shot case study). Tahap kualitatif dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap undagi, jero mangku, serta masyarakat sekitar untuk mengidentifikasi konsep matematika yang terkandung dalam struktur Meru. Hasil eksplorasi digunakan untuk menyusun modul ajar etnomatematika Meru, kemudian diujicobakan kepada siswa SMP untuk melihat efektivitasnya dalam meningkatkan motivasi dan pemahaman konsep matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bangunan Meru mengandung konsep pola bilangan ganjil, kesebangunan, simetri, dan perbandingan, yang dapat diintegrasikan ke dalam pembelajaran geometri dan pola bilangan. Uji coba menunjukkan bahwa penggunaan modul ajar etnomatematika Meru dapat meningkatkan antusiasme dan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

sigma

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pembelajaran dan Matematika Sigma (JPMS) diterbitkan oleh FKIP Universitas Labuhan Batu program studi pendidikan matematika yang berisi tulisan/artikel hasil pemikiran dan hasil penelitian yang ditulis oleh para pakar, ilmuwan, praktisi, pengkaji, guru, dosen dan mahasiswa dalam disiplin ilmu ...