Latar belakang: Dunia perkuliahan adalah tahap penting bagi pengembangan diri mahasiswa. Salah satu sarana pembelajaran adalah kerja kelompok, yang bertujuan melatih kemandirian, rasa tanggung jawab, dan kerja sama. Tujuan: untuk mengetahui pengaruh kepribadian conscientiousness dan self-efficacy terhadap perilaku social loafing mahasiswa. Metode: menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik quota sampling terhadap 150 mahasiswa aktif Universitas Malahayati dari 15 program studi menggunakan analisis data regresi linier berganda. Hasil: menunjukkan bahwa conscientiousness dan self-efficacy secara simultan berpengaruh signifikan terhadap social loafing. Secara parsial, conscientiousness berpengaruh negatif signifikan terhadap social loafing, begitu pula self-efficacy yang juga memiliki pengaruh negatif signifikan. Hal ini mengindikasikan bahwa peningkatan kedisiplinan, tanggung jawab, dan keyakinan diri mahasiswa berkontribusi pada penurunan perilaku social loafing. Kesimpulan: menguatkan pentingnya aspek kepribadian conscientiousness dan self-efficacy menjadi perhatian serius untuk menunjang prestasi dan efektivitas kerja kelompok mahasiswa, khususnya dalam merancang intervensi untuk meningkatkan motivasi dan kerja sama mahasiswa dalam pembelajaran kelompok di perguruan tinggi.
Copyrights © 2025