The aims of this research are to know the influence of implementation of inquiry learning model by using REACT strategy to physics student learning outcomes and the difference of physics learning outcomes improvement between class applying inquiry learning model using REACT strategy and class using DI model. This research was conducted in SMA Negeri 1 Pringsewu, in 2018, with a pretest-posttest control group design study. Wilcoxon test results show that the implementation of inquiry learning model using REACT strategy has the significant effect on physics learning result of high school students with significance value 0,000. The results of the Independent Sample T-Test show that the class with inquiry learning model using the REACT strategy has a higher learning outcome of the class using the DI model, with N-gain 1,298 times greater than the N-gain class using the DI model.Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi model pembelajaran inkuiri menggunakan strategi REACT terhadap hasil belajar fisika siswa SMA dan perbedaan peningkatan hasil belajar fisika antara kelas yang menerapkan model pembelajaran inkuiri menggunakan strategi REACT dengan kelas yang menggunakan model DI. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Pringsewu, pada semester genap tahun 2018, dengan desain penelitian pretest posttest control group. Hasil uji Wilcoxon menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran inkuiri menggunakan strategi REACT berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar fisika siswa SMA, dengan nilai signifikansi 0,000. Hasil uji Independent Sample T-Test menunjukkan kelas dengan model pembelajaran inkuiri menggunakan strategi REACT memiliki peningkatan hasil belajar lebih tinggi dari kelas yang menggunakan model DI, dengan N-gain 1,298 kali lebih besar dari N-gain kelas yang menggunakan model DI. Kata kunci: hasil belajar, inkuiri, strategi REACT
Copyrights © 2018