Supervisi akademik merupakan upaya sistematis kepala sekolah dalam membina dan meningkatkan profesionalisme guru guna memastikan mutu pembelajaran tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk memahami peran supervisi akademik kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP PIRI Lampung Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus, melibatkan kepala sekolah, guru PAI, dan beberapa informan pendukung. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi, serta analisis data mengikuti langkah Miles, Huberman, & SaldaƱa (2014): reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kepala sekolah melaksanakan supervisi akademik dalam perencanaan peningkatan kompetensi pedagogik dan profesional guru PAI, (2) pelaksanaan supervisi dilakukan melalui kunjungan kelas, diskusi guru, pelatihan, dan pembinaan rutin, dan (3) evaluasi supervisi menghasilkan tindak lanjut berupa peningkatan kualitas perangkat pembelajaran, penguatan metode dan media mengajar, serta perubahan sikap profesional guru PAI. Penelitian ini menyimpulkan bahwa supervisi akademik berkontribusi dalam peningkatan profesionalisme guru PAI, khususnya dalam kemampuan pedagogik, kompetensi profesional, dan komitmen terhadap mutu pembelajaran
Copyrights © 2025