Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) yang dibantu oleh Wordwall. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif dengan guru kelas dan rekan sejawat. Subjek penelitian adalah 24 siswa kelas IV. Data yang dikumpulkan dan diolah kemudian dideskripsikan berdasarkan pandangan peneliti serta didukung oleh teori-teori yang relevan. Observasi dilakukan selama 2 siklus, dan hasilnya menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa, yakni 70,8% pada siklus I dan 87,5% pada siklus II. Penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model PBL dengan bantuan media interaktif Wordwall memberikan dampak yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas IV, khususnya pada mata pelajaran matematika.
Copyrights © 2025