Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, dan Geofisika (GeoScienceEd Journal)
Vol. 6 No. 4 (2025): November

Peningkatan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Luas Melalui Model Pembelajaran PBL Berbantuan Media Konkret Siswa Kelas IV SDN 3 Sumber

Rahmani, Aulia Vina (Unknown)
Sudrajat, Sudrajat (Unknown)
Mardiani, Nindi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2025

Abstract

Rendahnya tingkat pemahaman siswa dalam proses pembelajaran matematika berdampak pada pencapaian hasil belajar yang belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi luas bangun datar melalui model pembelajaran Problem Based Learning dengan berbantuan media konkret. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 3 Sumber, Kabupaten Cirebon. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, dokumentasi, dan tes hasil belajar. Hasil penilitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada hasil belajar siswa. Pada siklus I, nilai rata-rata siswa mencapai 70 dengan tingkat ketuntasan 61% (14 siswa). Pada siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 86,5 dan seluruh siswa (100%) mencapai ketuntasan. Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media konkret terbukti mampu membantu siswa memahami konsep matematika melalui konteks kehidupan nyata, serta meningkatkan keterlibatan aktif, kreativitas, dan kemampuan berpikir kritis. Dengan demikian model PBL layak dijadikan alternatif strategi pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar matematika di jenjang sekolah dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

GeoScienceEdu

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Chemistry Education Physics

Description

Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi dan Geofisika (GeoScienceEd Journal): |e-ISSN: 2723-2913, p-ISSN: 2723-2905| diterbitkan 2 (dua) kali dalam setahun (Peride Juni dan Desember) dan dimulai pada bulan Juni 2020 oleh Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Mataram. Artikel dapat diterima ...