Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, dan Geofisika (GeoScienceEd Journal)
Vol. 6 No. 4 (2025): November

Meningkatkan Literasi melalui Pembiasaan Membaca dengan Pemanfaatan Pojok Baca Di SDN 3 Sumber

Sudarajat, Sudarajat (Unknown)
Mardiani, Nindi (Unknown)
Sari, Anita (Unknown)
Rahmani, Aulia Vina (Unknown)
Nurulita, Aulia (Unknown)
Rachma, Aura Maulida (Unknown)
Qotrunada, Annisa (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2025

Abstract

Minat baca di Indonesia tergolong rendah, sebagaimana ditunjukkan oleh data UNESCO yang menyatakan hanya 0,001% penduduk Indonesia memiliki minat membaca. Merespon kondisi tersebut, pemerintah menggalakkan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) sebagai upaya peningkatan budaya literasi, khususnya di jenjang sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan pojok baca sebagai sarana pembiasaan literasi peserta didik di SD Negeri 3 Sumber. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan angket terhadap peserta didik kelas VI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pojok baca memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan minat baca peserta didik. Letaknya yang strategis di dalam kelas, desain yang menarik, serta peran aktif guru dalam mendampingi peserta didik menjadi faktor penentu keberhasilan pojok baca sebagai sarana literasi. Meskipun masih dijumpai kendala berupa rendahnya inisiatif membaca secara mandiri, pojok baca terbukti efektif dalam membentuk kebiasaan literasi sejak dini. Peran guru, desain ruang yang menarik, serta pemilihan buku yang sesuai menjadi faktor penentu keberhasilan program ini.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

GeoScienceEdu

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Chemistry Education Physics

Description

Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi dan Geofisika (GeoScienceEd Journal): |e-ISSN: 2723-2913, p-ISSN: 2723-2905| diterbitkan 2 (dua) kali dalam setahun (Peride Juni dan Desember) dan dimulai pada bulan Juni 2020 oleh Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Mataram. Artikel dapat diterima ...