Central Publisher
Vol 3 No 6 (2025): Jurnal Central

IMPLEMENTASI DIALEKTIKA HEGEL DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS DISKUSI UNTUK MEMBANGUN PENGETAHUAN BARU PADA SISWA MENENGAH ATAS

Arif Fahrudin (Unknown)
Arif Rumiyadi (Unknown)
Roza Cyintia Salwa Azhar (Unknown)
Yusuf Nurrahman (Unknown)
Endang Fauziati (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Nov 2025

Abstract

Latar Belakang : Dialektika Hegel, yang terdiri dari tiga tahapan utama: tesis, antitesis, dan sintesis, menjadi kerangka teoritik dalam menganalisis bagaimana diskusi di kelas mampu mendorong siswa membangun pengetahuan baru melalui pertentangan ide dan refleksi bersama. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji konsep dialektika Hegel, dan implementasi pemikiran dialektika Hegel dalam proses pembelajaran berbasis diskusi di lingkungan Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Muhammadiyah. Metode : Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi lapangan melalui Forum Grup Disscussion, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dan Pembahasan : Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model diskusi yang mengikuti pola dialektika Hegel mendorong peningkatan kemampuan berpikir kritis, keberanian berpendapat, serta pemahaman konseptual siswa. Selain itu, pendekatan ini memperkuat karakter kolaboratif dan dialogis dalam proses pembelajaran. Kesimpulan : Penelitian ini merekomendasikan integrasi pemikiran filsafat dalam desain pembelajaran, khususnya di lingkungan pendidikan dengan jenjang siswa menengah atas, untuk menguatkan proses internalisasi nilai dan pembentukan karakter dan nalar kritis siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Publish

Publisher

Subject

Religion Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Automotive Engineering Computer Science & IT Control & Systems Engineering Decision Sciences, Operations Research & Management Education Engineering Social Sciences Other

Description

Central Publisher, merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Cv. Central Bisnis Manajemen, merupakan sebuah jurnal ilmiah yang menyediakan akses terbuka kepada pembaca. Jurnal ini terbit secara bulanan, mencakup berbagai disiplin ilmu, mempromosikan dialog interdisipliner dan memperkaya pengetahuan ...