Pada era transformasi digital, pendidikan dituntut untuk menghadirkan pendekatan pembelajaran yang lebih interaktif, aplikatif, dan berbasis teknologi. Pembelajaran fisika yang bersifat abstrak memerlukan media dan strategi yang mampu menjembatani antara konsep teoritis dan pengalaman nyata peserta didik. Penelitian ini mengusulkan pengembangan Media Pembelajaran IPA berbasis google sites terintegrasi PBL sebagai solusi inovatif. Media robotik dipilih karena kemampuannya dalam memberikan pengalaman hands-on learning yang dapat merangsang literasi digital dan keterampilan pemecahan masalah secara langsung. Model PjBL turut mendorong peserta didik untuk berpikir kritis, bekerja secara kolaboratif, dan memecahkan masalah nyata melalui proyek berbasis eksperimen fisika. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran fisika berbasis robot yang valid, praktis, dan efektif dalam  meningkatkan literasi digital dan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan pendekatan model pengembangan 4D. Penelitian ini dibatasi hanya sampai pada tahap develop. Penelitian ini menggunakan 3 validator sebagai penilaian kevalidan. Hasil validasi oleh tiga ahli menunjukkan bahwa Media googlesites, instrumen kemampuan generic sains, dan instrumen keterampilan berpikir kritis memiliki nilai validitas rata-rata berturut-turut 82% (valid), 77,3% (valid), dan 82,6% (sangat valid). Produk juga dinyatakan praktis berdasarkan uji keterlaksanaan dan respon pengguna. Dengan demikian, media pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran.
Copyrights © 2025