JURNAL RUMPUN MANAJEMEN DAN EKONOMI
Vol. 2 No. 4 (2025): Juli

Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Purchase Intention Produk Tabir Surya Pada Generasi Z

Dwi Ananda, Tina Aishwarya (Unknown)
Monoarfa, Terrylina Arfinta Monoarfa (Unknown)
Nadya Fadillah Fidhyallah (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh social media marketing terhadap purchase intention produk tabir surya pada Generasi Z di DKI Jakarta, dengan mempertimbangkan peran mediasi dari brand image dan health consciousness. Latar belakang penelitian ini didasari oleh meningkatnya penggunaan media sosial sebagai saluran pemasaran serta tingginya kesadaran akan pentingnya perawatan kulit di kalangan konsumen muda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei, melibatkan 180 responden dari Generasi Z yang berdomisili di DKI Jakarta dan pernah melihat promosi tabir surya melalui media sosial. Teknik analisis data dilakukan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan bantuan software SmartPLS 4.Hasil penelitian menunjukkan bahwa social media marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand image, health consciousness, dan purchase intention. Selain itu, health consciousness juga berpengaruh signifikan terhadap purchase intention, sedangkan brand image tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan. Temuan ini mempertegas bahwa strategi pemasaran digital melalui media sosial efektif dalam meningkatkan niat beli, khususnya ketika dikaitkan dengan nilai kesehatan dan edukasi produk. Namun demikian, citra merek belum menjadi penentu utama dalam mendorong minat beli Generasi Z terhadap produk tabir surya. Implikasi dari penelitian ini menggarisbawahi pentingnya pendekatan pemasaran yang berbasis edukasi kesehatan dan nilai fungsional produk dalam menjangkau konsumen muda. Selain memberikan kontribusi pada pengembangan Theory of Planned Behavior dalam konteks pemasaran digital, penelitian ini juga memberikan masukan praktis bagi perusahaan untuk menyusun strategi komunikasi yang lebih relevan dan sesuai dengan preferensi Generasi Z.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jrme

Publisher

Subject

Chemistry Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Mathematics Social Sciences

Description

JURNAL RUMPUN MANAJEMEN DAN EKONOMI (JRME) berfokus pada penerbitan artikel berkualitas tinggi yang didedikasikan untuk semua aspek penelitian, masalah, dan perkembangan terbaru di bidang Ilmu Manajemen. Topik dalam Jurnal ini berkaitan dengan aspek apapun dari manajemen, namun tidak terbatas pada ...