Pembelajaran sejarah lokal di sekolah seringkali didominasi oleh narasi sejarah nasional, sehingga materi sejarah lokal sering terabaikan. Padahal integrasi sejarah lokal sangat penting untuk membangun identitas dan kesadaran sejarah. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi professional Asosiasi Guru Sejarah Indonesia (AGSI) Sulawesi Barat dalam metodologi penelitian dan penulisan sejarah lokal. Masalah utama yang dihadapi mitra adalah minimnya referensi sejarah lokal Sulawesi Barat dan kurangnya keterampilan guru dalam membuat bahan ajar. Sejarah lokal tidak hanya penting untuk pendidikan sejarah di sekolah-sekolah tetapi juga sebagai bagian integral dari pengembangan komunitas yang lebih sadar dan menghargai nilai-nilai luhur. Sejarah lokal memberikan kerangka kerja yang memungkinkan individu dan komunitas untuk belajar dari masa lalu, memupuk rasa memiliki, dan mengembangkan aspirasi yang lebih baik untuk masa depan. Metode pelatihan ini dilakukan dengan mengidentifikasi kesulitan guru dalam penulisan sejarah lokal, kemudian memberikan materi dan diskusi. Selanjutanya memberikan pendampingan menulis secara lokal. Hasil pengabdian menunjukkan, bahwa penanaman kearifan lokal tidak hanya memperkaya materi ajar tetapi juga menanamkan rasa cinta terhadap budaya. Abstract. Local history education in schools is often dominated by national historical narratives, resulting in local historical material being neglected. In fact, the integration of local history is very important for building identity and historical awareness.This activity aims to improve the professional competence of the Asosiasi Guru Sejarah Indonesia (AGSI) of West Sulawesi in research methodology and local history writing. The main problems faced by partners were the lack of references to the local history of West Sulawesi and the lack of skills among teachers in creating teaching materials. Local history is not only important for history education in schools but also as an integral part of developing communities that are more aware of and appreciate noble values. Local history provides a framework that enables individuals and communities to learn from the past, foster a sense of belonging, and develop better aspirations for the future. This training method is carried out by identifying teachers' difficulties in writing local history, then providing materials and discussions. Next, providing assistance in writing locally. The results of the study show that the cultivation of local wisdom not only enriches teaching materials but also instills a love for culture.
Copyrights © 2025