Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi
Vol. 5 No. 6 (2025): EduTIK : Desember 2025

Efektivitas Pembelajaran Luring dan Daring berdasarkan Pengalaman Mahasiswa FISIP Universitas Palangka Raya

Sitepu , Melgina Br (Unknown)
Agustina, Elisa Candra (Unknown)
Rhama, Bhayu (Unknown)
Grestyana, Nadya (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Dec 2025

Abstract

Perkembangan teknologi membawa perubahan signifikan dalam sistem pendidikan, khususnya melalui penggunaan pembelajaran daring sebagai pengganti pembelajaran secar luring.Tujuan penelitian ini adalah menganalisis efektifan metode pembelajaran luring dan daring berdasarkan pengalaman mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, Universitas Palangka Raya. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif deskriptif dengan teknik survei, melibatkan 108 responden yang dipilih melalui purposive sampling, yaitu mahasiswa yang telah menjalani kedua jenis metode pembelajaran tersebut. Pengukuran variabel dilakukan menggunakan skala Likert 1-4, kemudian dianalisis melalui statistik deskriptif dengan bantuan SPSS versi 27. Penilaian efektivitas didasarkan pada lima indikator menurut model John Carroll, yaitu sikap, kemampuan memahami instruksi, ketekunan, kesempatan, dan kualitas pengajaran.Temuan penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran tatap muka mendapatkan skor efektivitas yang lebih tinggi pada sebagian indikator, terutama dalam hal kualitas pengajaran (3,38) dan kemampuan memahami instruksi (3,29), yang mengindikasikan bahwa mahasiswa lebih mudah menangkap materi saat disampaikan secara langsung. Di sisi lain, pembelajaran daring menunjukkan nilai efektivitas tertinggi pada indikator ketekunan (3,47), sehingga menunjukkan bahwa mahasiswa masih memiliki tingkat komitmen yang tinggi saat mengikuti kelas secara daring. Namun, untuk aspek sikap (2,71) dan kesempatan berinteraksi (2,93) dalam pembelajaran online, masih tergolong cukup dan menjadi tantangan utama. Secara keseluruhan, hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa FISIP UPR menganggap pembelajaran tatap muka lebih efektif, khususnya dalam kualitas pengajaran penyampaian materi. Temuan ini diharapkan dapat menjadi landasan bagi lembaga dalam merancang model pembelajaran yang lebih baik dan sesuai dengan kebutuhan di era digital

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

edutik

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Decision Sciences, Operations Research & Management Education Electrical & Electronics Engineering Engineering Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Edutik merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado. Jurnal ini hadir sebagai wadah bagi para akademisi, peneliti, dan praktisi untuk mempublikasikan hasil penelitian yang berkontribusi dalam ...