Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills/HOTS) siswa kelas XI SMAN 4 Mandau pada topik dinamika rotasi. Pendekatan yang digunakan adalah mixed method dengan subjek 68 siswa dan 4 guru. Instrumen berupa angket, tes kognitif, dan wawancara digunakan untuk menggali persepsi serta kemampuan siswa dan guru terkait HOTS. Hasil menunjukkan bahwa 71,1% siswa dan seluruh guru menyatakan soal berbasis HOTS sulit diselesaikan. Secara statistik tidak terdapat perbedaan signifikan antara nilai peniaian harian dan tes kognitif, namun secara deskriptif kategori kemampuab berbeda: sangat tinggi pada penilaian harian dan sedang pada tes kognitif. Kategori kemampuan siswa dalam LOTS, MOTS, dan HOTS masing-masing berada pada kategori sedang, tinggi, dan rendah. Hambatan pembelajaran HOTS meliputi akses modul terbatas, tidakseimbangan kurikulum, dan kurangnya pelatihan HOTS secara konsisten oleh guru. Penelitian ini menyarankan penerapa pembelajaran yang lebih kontekstual dan penggunaan media yang bervariasi agar siswa lebih terlatih dalam menyelesaikan soal-soal berbasis HOTS.
Copyrights © 2026