Nabla Dewantara : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 10 No. 2 (2025): Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika

Pendekatan PBL Berbasis Etnomatematika untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Matematis Siswa di Kawasan Perbatasan

BEES, NENE LODIANA (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2025

Abstract

Artikel ini membahas penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbasis etnomatematika untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa di daerah perbatasan Indonesia-Timor Leste. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur dengan menganalisis berbagai sumber terkait PBL, etnomatematika, dan berpikir kritis. Hasil kajian menunjukkan bahwa integrasi PBL dan etnomatematika mampu menciptakan pembelajaran yang kontekstual dan bermakna, dengan memanfaatkan budaya lokal sebagai sumber masalah matematika. Pendekatan ini tidak hanya meningkatkan keterlibatan siswa tetapi selain itu juga melatih kemampuan analisis, evaluasi, dan pemecahan masalah secara kritis. Tantangan implementasi meliputi keterbatasan pelatihan guru, waktu, dan sumber daya, yang dapat diatasi melalui pelatihan intensif, blended learning, dan kolaborasi dengan komunitas lokal. Simpulan penelitian menegaskan bahwa PBL berbasis etnomatematika efektif dalam meningkatkan kualitas pendidikan matematika di daerah perbatasan sekaligus melestarikan kearifan lokal.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

nabla

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika (ISSN 2528-3901) merupakan jurnal nasional pendidikan matematika yang menjadi media publikasi hasil penelitian dan karya ilmiah. NABLA DEWANTARA menerima naskah dalam bidang pendidikan matematika secara luas, baik hasil penelitian maupun kajian teori. ...