Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar dengan menerapkan model PBL pada pembelajaran tematik terpadu. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitianya adalah PTK. Penelitian dilakukan di SDN 52 Parupuk Tabing kota Padang. Teknik yang digunakan adalah observasi, tes dan non tes. Hasil penelitian pengamatan RPP siklus I dengan persentase 90,62% meningkat pada siklus II menjadi 96,87%. Aspek guru siklus I dengan persentase 71,42% meningkat pada siklus II menjadi 96,42%. Aspek peserta didik siklus I dengan persentase 75% meningkat pada siklus II menjadi 92,85%. Pada aspek sikap siklus I terdapat 8 orang dan siklus II terdapat 8 orang peserta didik mempunyai sikap menonjol. Aspek pengetahuan siklus I dengan rata-rata 65,14 meningkat pada siklus II dengan rata- rata 88,25. Aspek keterampilan pada siklus I dengan ratarata 65,14 meningkat pada siklus II dengan rata-rata 88,25. Hal ini membuktikan model PBL dapat meningkatkan proses pembelajaran dan hasil belajar peserta didik.
Copyrights © 2021