Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol. 10 No. 4 (2021): August

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU KELAS IV

Dayu Putri Bareno (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Aug 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar dengan menerapkan model PBL pada pembelajaran tematik terpadu. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitianya adalah PTK. Penelitian dilakukan di SDN 52 Parupuk Tabing kota Padang. Teknik yang digunakan adalah observasi, tes dan non tes. Hasil penelitian pengamatan RPP siklus I dengan persentase 90,62% meningkat pada siklus II menjadi 96,87%. Aspek guru siklus I dengan persentase 71,42% meningkat pada siklus II menjadi 96,42%. Aspek peserta didik siklus I dengan persentase 75% meningkat pada siklus II menjadi 92,85%. Pada aspek sikap siklus I terdapat 8 orang dan siklus II terdapat 8 orang peserta didik mempunyai sikap menonjol. Aspek pengetahuan siklus I dengan rata-rata 65,14 meningkat pada siklus II dengan rata- rata 88,25. Aspek keterampilan pada siklus I dengan ratarata 65,14 meningkat pada siklus II dengan rata-rata 88,25. Hal ini membuktikan model PBL dapat meningkatkan proses pembelajaran dan hasil belajar peserta didik.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JPFKIP

Publisher

Subject

Education Other

Description

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Primary: Journal of Elementary Teacher Education) is a peer-reviewed journal on education and teacher training. This journal encompasses original research articles and review ...