GANESHA CIVIC EDUCATION JOURNAL
Vol. 7 No. 2 (2025): October, Ganesha Civic Education Journal

PERAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DI JENJANG PENDIDIKAN SMP: SUATU KAJIAN LITERATUR SISTEMATIS

-, Putu Paundra Ananda (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengkaji peran Augmented Reality sebagai media pembelajaran interaktif di tingkat Sekolah Menengah Pertama melalui sebuah kajian literatur sistematis. Masalah utama yang diangkat adalah rendahnya keterlibatan siswa dalam pembelajaran konvensional, terutama pada materi yang membutuhkan visualisasi konsep abstrak. Penelitian ini meninjau berbagai publikasi nasional dan internasional yang relevan dengan penerapan Augmented Reality dalam pembelajaran di SMP. Metode kajian literatur sistematis digunakan dengan menyeleksi artikel berdasarkan kriteria kelayakan, relevansi, dan kualitas metodologis. Hasil kajian menunjukkan bahwa Augmented Reality mampu memberikan dampakmpositif pada aspek motivasi, pemahaman konsep, kemampuan literasi dan spasial, kreativitas dan partisipasi serta interaksi siswa dengan selama proses pembelajaran. Temuan juga menunjukkan bahwa AR mendorong pembelajaran berbasis eksplorasi dan memberikan pengalaman belajar yang lebih bermakna. Kesimpulan penelitian ini menegaskan bahwa Augmented Reality layak digunakan sebagai media pembelajaran interaktif di SMP dan berpotensi meningkatkan kualitas pembelajaran apabila diintegrasikan secara tepat dengan kurikulum dan kesiapan guru.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

GANCEJ

Publisher

Subject

Education

Description

Ganesha Civic Education Journal jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan, Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial, Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal ini bertujuan untuk mewadahi artikel-artikel hasil penelitian dibidang ...