Pembelajaran Pancasila kelas II dengan metode ceramah akan menyebabkan kurang aktifnya keterlibatan siswa pada proses pembelajaran. Solusi yang tepat dalam mengatasi permasalahan tersebut melalui peningkatkan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran iKooperatif Tipe Make A Match yang didukung oleh Media Flash card. Adapun tujuan dari penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan yaitu untuk memberikan peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila Siswa Kelas II Melalui Model Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan Media Flash card di SD N Kandri Girisubo. Penelitian ini dilakukan dalam empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Perolehan data keberhasilan siswa dari hasil tes siswa dan lembar observasi. Hasil belajar meningkat dengan perolehan rata-rata dari 62,5 pada Siklus I menjadi 75,4 pada pembelajaran Siklus II, serta persentase ketuntasan mengalami peningkatan dari 66,8% menjadi 78,6%. Peningkatan tersebut membuktikan bahwa pembelajaran dengan menerapkan model kooperatif tipe Make a match dengan bantuan media flash card pada siklus II sangat efektif dalam memberikan peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Dengan demikian, penelitian ini dapat dikatakan berhasil, dan silkus penelitian dihentikan.
Copyrights © 2025