Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui penggunaan aplikasi Kahoot untuk kemampuan pemahaman dan evaluasi geografi siswa dan 2) Mengetahui efektivitas aplikasi Kahoot dalam kemampuan pemahaman dan evaluasi geografi siswa kelas X di MAN 1 Bukittinggi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif berbasis eksperimen semu. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling sehingga menghasilkan dua kelompok sampel yang masing-masing terdiri dari 35 dan 25 siswa, yaitu kelas X Fase E 3 sebagai kelompok eksperimen yang melakukan pembelajaran dengan aplikasi Kahoot dan kelas X Fase E 11 sebagai kelompok kontrol yang melakukan pembelajaran dengan metode konvensional. Data dikumpulkan melalui lembar pretest dan posttest untuk mengetahui hasil belajar siswa, kemudian dianalisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis, dan uji n-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor hasil belajar dari hasil uji hipotesis (uji t) signifikan 0,033 0,05, yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan terdapat pengaruh signifikan penggunaan aplikasi Kahoot terhadap hasil belajar geografi siswa Fase E di MAN 1 Bukittinggi. Diperkuat dengan uji N-Gain Score, kelas eksperimen memperoleh nilai sebesar 60,37% dan kelas kontrol sebesar 43,55%, sehingga penggunaan aplikasi Kahoot sebagai media evaluasi lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman siswa pada mata pelajaran Geografi.
Copyrights © 2025