Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menghitung luas segitiga menggunakan pendekatan aljabar melalui penerapan game interaktif berbasis HTML. Latar belakang penelitian menunjukkan bahwa siswa SMP masih mengalami kesulitan dalam memahami konsep luas segitiga, khususnya jika disajikan dalam bentuk aljabar dan soal kontekstual. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus di kelas VII A SMP N 7 Jember dengan jumlah 26 siswa. Media pembelajaran berupa game HTML dilengkapi fitur timer dan tombol acak soal, serta digunakan dalam penentuan ketua kelompok secara interaktif. Data dikumpulkan melalui pretest, posttest, dan observasi aktivitas siswa menggunakan lembar observasi terstruktur. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan: rata-rata nilai siswa meningkat dari 58 (pretest) menjadi 72 (posttest siklus I), dan 85 (posttest siklus II), serta persentase ketuntasan naik dari 31% menjadi 92%. Siswa menjadi lebih aktif, antusias, dan mampu memahami serta menerapkan konsep aljabar dalam konteks geometri.
Copyrights © 2025