Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP
Vol 6, No 3 (2025)

Peningkatan Kemampuan Menghitung Luas Segitiga melalui Game Edukasi Berbasis HTML

Rhomdani, Rohmad Wahid (Unknown)
Thoyibah, Fifi (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Nov 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menghitung luas segitiga menggunakan pendekatan aljabar melalui penerapan game interaktif berbasis HTML. Latar belakang penelitian menunjukkan bahwa siswa SMP masih mengalami kesulitan dalam memahami konsep luas segitiga, khususnya jika disajikan dalam bentuk aljabar dan soal kontekstual. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus di kelas VII A SMP N 7 Jember dengan jumlah 26 siswa. Media pembelajaran berupa game HTML dilengkapi fitur timer dan tombol acak soal, serta digunakan dalam penentuan ketua kelompok secara interaktif. Data dikumpulkan melalui pretest, posttest, dan observasi aktivitas siswa menggunakan lembar observasi terstruktur. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan: rata-rata nilai siswa meningkat dari 58 (pretest) menjadi 72 (posttest siklus I), dan 85 (posttest siklus II), serta persentase ketuntasan naik dari 31% menjadi 92%. Siswa menjadi lebih aktif, antusias, dan mampu memahami serta menerapkan konsep aljabar dalam konteks geometri.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JPPG

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran adalah jurnal ilmiah yang menerbitkan dan menyebarluaskan hasil penelitian, studi mendalam, pemikiran kreatif, inovatif atau karya-karya dalam pendidikan, pengajaran. Fokus jurnal adalah karya inovatif yang terkait dengan pengembangan media pembelajaran, ...