Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Smart Box Literasi terhadap kemampuan membaca awal anak usia 5–6 tahun di TK Negeri Pembina 2 Bangko. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen semu yang melibatkan dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Data dikumpulkan melalui observasi dan tes kemampuan membaca awal yang mencakup kemampuan mengenal huruf, suku kata, dan kata sederhana. Analisis data menunjukkan bahwa anak yang belajar menggunakan media Smart Box Literasi memiliki kemampuan membaca awal yang lebih baik dibandingkan anak yang belajar dengan media konvensional. Media Smart Box Literasi mampu menumbuhkan minat, konsentrasi, serta motivasi anak dalam belajar membaca melalui kegiatan bermain yang menyenangkan dan interaktif. Hasil penelitian ini menegaskan bahwa pembelajaran menggunakan Smart Box Literasi efektif diterapkan di PAUD untuk mengembangkan kemampuan literasi dasar anak sejak usia dini.
Copyrights © 2025