Jurnal Caksana: Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 8, No 2 (2025): Jurnal Caksana: Pendidikan Anak Usia Dini (In Press)

Eksplorasi Dampak Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini di Pasar Rumput

Rifani, Aprilia (Unknown)
Supriyadi, Supriyadi (Unknown)
Priyanti, Nina Yuminar (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dampak penggunaan gadget terhadap perkembangan sosial emosional anak usia dini di lingkungan Pasar Rumput, Jakarta Selatan. Fenomena meningkatnya intensitas penggunaan gadget pada anak-anak usia dini telah menimbulkan kekhawatiran terkait keterampilan sosial, regulasi emosi, dan ketergantungan terhadap teknologi. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus, melibatkan tiga anak usia dini beserta orang tua mereka. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan gadget secara berlebihan menghambat perkembangan interaksi sosial, menurunkan kemampuan komunikasi verbal, serta meningkatkan kecenderungan tantrum dan isolasi sosial. Namun, ditemukan bahwa pendampingan orang tua berperan signifikan dalam meminimalisir dampak negatif gadget dengan menetapkan aturan penggunaan, memilih konten edukatif, serta memberikan alternatif kegiatan bermain interaktif. Penelitian ini menegaskan pentingnya literasi digital orang tua serta kolaborasi antara keluarga dan pendidik untuk menjaga keseimbangan tumbuh kembang anak.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

PAUD

Publisher

Subject

Education

Description

JURNAL CAKSANA terbit dua kali setahun pada bulan Juni dan Desember berisi tulisan gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori, tulisan praktisi dan hasil penelitian dan pengajaran dalam bidang keilmuaan pendidikan anak usia ...