Persiapan persalinan merupakan hal penting bagi setiap ibu hamil, yang informasinya dapat diperoleh melalui buku KIA, ANC terpadu, dan Kelas Ibu Hamil. Kelas Ibu Hamil merupakan kelompok belajar tatap muka bagi ibu hamil usia kehamilan 4–36 minggu. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh edukasi dalam Kelas Ibu Hamil terhadap tingkat pengetahuan mengenai persiapan persalinan. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan desain eksperimen One Group Pretest–Posttest, melibatkan 23 responden. Instrumen penelitian berupa kuesioner pengetahuan yang diberikan sebelum dan sesudah intervensi. Intervensi edukasi dilakukan melalui kelas tatap muka dengan penyampaian materi persiapan persalinan. Karakteristik responden menunjukkan mayoritas berada pada usia reproduksi sehat (20–35 tahun) sebesar 82,6%, berpendidikan menengah (73,9%), dan sebagian besar tidak bekerja (52,2%). Pengetahuan sebelum intervensi mayoritas berada pada kategori cukup (52,2%) dan meningkat menjadi baik (82,6%) setelah intervensi. Analisis bivariat menunjukkan p value 0,000 (<0,05), yang berarti terdapat pengaruh signifikan antara edukasi Kelas Ibu Hamil dan peningkatan pengetahuan ibu hamil mengenai persiapan persalinan. Implikasi penelitian ini menunjukkan bahwa penyelenggaraan Kelas Ibu Hamil secara terstruktur dan berkelanjutan dapat menjadi strategi efektif untuk meningkatkan kesiapan ibu menjelang persalinan, sehingga perlu diperkuat sebagai bagian dari program pelayanan maternal di fasilitas kesehatan.
Copyrights © 2025