Indonesian Research Journal on Education
Vol. 5 No. 6 (2025): Irje 2025

Perkembangan Motorik Halus: Membentuk Kue Tradisional Klepon melalui Kegiatan Bermain Playdough

Fajriati, Ruliana (Unknown)
Putri, Rewigianira Jayu (Unknown)
Oktamia, Mita (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Nov 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi kegiatan membentuk kue tradisional klepon menggunakan media playdough sebagai upaya untuk mengembangkan kemampuan motorik halus anak usia dini di TK Wanita Mulia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah anak kelompok B, guru kelas, dan kepala sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan membentuk kue tradisional klepon dengan playdough mampu meningkatkan keterampilan motorik halus anak melalui aktivitas meremas, menggulung, dan membentuk. Anak juga menunjukkan peningkatan kreativitas, kemampuan berbahasa, serta antusiasme dalam mengenal budaya lokal. Playdough yang digunakan berbahan alami dan halal, sehingga aman bagi anak serta relevan dengan nilai-nilai pendidikan Islam. Kegiatan ini juga mendorong guru untuk berinovasi dalam memadukan pembelajaran tematik dengan kearifan lokal. Dengan demikian, kegiatan ini terbukti efektif tidak hanya dalam aspek perkembangan motorik, tetapi juga dalam membentuk karakter dan identitas budaya anak sejak usia dini.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...