Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Hasil belajar siswa belum menggunakan model Project Based Learning (PjBL) pada pelajaran matematika materi jaring-jaring bangun ruang sederhana kubus dan balok. 2) Hasil belajar siswa setelah menggunakan model Project Based Learning (PjBL) pada pelajaran matematika materi jaring-jaring bangun ruang sederhana kubus dan balok. 3) Penggunaan model Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran matematika materi jaring-jaring bangun ruang sederhana kubus dan balok. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 observasi dan refleksi. Hasil penelitian yaitu : 1) Sebelum menggunakan model Project Based Learning (PjBL) pada pelajaran matematika materi jaring-jaring bangun ruang sederhana kubus dan balok hasil belajar siswa sangat rendah. Hal ini dapat dilihat pada tingkat ketuntasan klsikal belajar pada sat pretest dari 30 orang siswa diperoleh tingkat ketuntasan klasikal sebanyak 5 orang siswa 16,67% mendapat nilai tuntas, sebanyak 25 orang siswa 83,33% mendapat nilai belum tuntas dengan nilai rata-rata 50. 2) Sesudah menggunakan model Project Based Learning (PjBL) pada pelajaran matematika materi jaring-jaring bangun ruang sederhana kubus dan balok belajar siswa mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat pada sikus I terdapat sebanyak 16 orang siswa 53,33 % mendapatkan nilai tuntas, dan sebanyak 14 orang siswa 46,67% mendapat ilai belum tuntas dengan nilai rata-rata 65,33 namun belum mencapai ketuntasa belajar. Kemudian meningkat kembali setelah melaksanakan siklus II diperoleh tingkat ketuntasan klasikal sebanyak 26 orang siswa 86,67% yang mendapat nilai tuntas, dan sebanyak 4 orang siswa 13,33% yang tuntas dengan nilai rata-rata 85. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi jaring-jaring bangun ruang sederhana kubus dan balok di kelas V SD S Al-Majidiyah Bagan Batu.
Copyrights © 2025