Indonesian Research Journal on Education
Vol. 5 No. 6 (2025): Irje 2025

Penggunaan Model Project Based Learning (Pjbl) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Jaring-Jaring Bangun Ruang Sederhana Kubus dan Balok di Kelas V SDS Al-Majidiyah Bagan Batu

Verawati, Verawati (Unknown)
Yuliana, Yuliana (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Nov 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Hasil belajar siswa belum menggunakan model Project Based Learning (PjBL) pada pelajaran matematika materi jaring-jaring bangun ruang sederhana kubus dan balok. 2) Hasil belajar siswa setelah menggunakan model Project Based Learning (PjBL) pada pelajaran matematika materi jaring-jaring bangun ruang sederhana kubus dan balok. 3) Penggunaan model Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran matematika materi jaring-jaring bangun ruang sederhana kubus dan balok. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 observasi dan refleksi. Hasil penelitian yaitu : 1) Sebelum menggunakan model Project Based Learning (PjBL) pada pelajaran matematika materi jaring-jaring bangun ruang sederhana kubus dan balok hasil belajar siswa sangat rendah. Hal ini dapat dilihat pada tingkat ketuntasan klsikal belajar pada sat pretest dari 30 orang siswa diperoleh tingkat ketuntasan klasikal sebanyak 5 orang siswa 16,67% mendapat nilai tuntas, sebanyak 25 orang siswa 83,33% mendapat nilai belum tuntas dengan nilai rata-rata 50. 2) Sesudah menggunakan model Project Based Learning (PjBL) pada pelajaran matematika materi jaring-jaring bangun ruang sederhana kubus dan balok belajar siswa mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat pada sikus I terdapat sebanyak 16 orang siswa 53,33 % mendapatkan nilai tuntas, dan sebanyak 14 orang siswa 46,67% mendapat ilai belum tuntas dengan nilai rata-rata 65,33 namun belum mencapai ketuntasa belajar.  Kemudian meningkat kembali setelah melaksanakan siklus II diperoleh tingkat ketuntasan klasikal sebanyak 26 orang siswa 86,67% yang mendapat nilai tuntas, dan sebanyak  4 orang siswa 13,33% yang tuntas dengan nilai rata-rata 85.  Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi jaring-jaring bangun ruang sederhana kubus dan balok di kelas V SD S Al-Majidiyah Bagan Batu.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...