Jurnal Manajemen Almatama
Vol. 4 No. 2 (2025): September

PENGARUH PROMOSI MEDIA SOSIAL DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN MELALUI HARGA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI KASUS: TIGALIMA COFFEE & KITCHEN)

Fita Noviyanti (Unknown)
Dilawatil Hikmah (Unknown)
Meikol Benned (Unknown)
Susanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Dec 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Promosi Media Sosial dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen melalui Harga sebagai variabel intervening (Studi Kasus: TigaLima Coffee & Kitchen). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 72 responden. Data dianalisis menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM) melalui aplikasi SmartPLS 4.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Promosi Media Sosial berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen (path coefficient = 0.417, p-value = 0.019) dan Harga (0.519, p-value = 0.009). Kualitas Produk juga terbukti berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen (0.439, p-value = 0.023), namun tidak berpengaruh terhadap Harga (0.248, p-value = 0.272). Variabel Harga sendiri berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen (0.365, p-value = 0.017). Sementara itu, pengaruh tidak langsung Promosi Media Sosial terhadap Kepuasan Konsumen melalui Harga bernilai 0.189 (p-value = 0.096), dan pengaruh tidak langsung Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen melalui Harga bernilai 0.090 (p-value = 0.327), yang berarti keduanya tidak signifikan. Hasil ini mengindikasikan bahwa pengaruh langsung lebih dominan dibandingkan pengaruh tidak langsung melalui variabel harga.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jma

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

This journal contains research articles, conceptual development, critical review relating to the fields of management and business, such as the Human Resource Management, Marketing, Operational, Information System Management, Entrepreneurship, and Finance in the service ...