Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran berorientasi Problem Based Learning (PBL) dan Mind Mapping, mengkaji kelayakan modul ajar IPA berorientasi Problem Based Learning (PBL) dan Mind Mapping pada materi IPA kelas VIII di MTsN 2 Sungai Penuh. Penelitian ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari tahap analisis, desain, pengembangan, pelaksanaan, dan evaluasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTsN 2 Sungai Penuh. Teknik Pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar IPA layak digunakan berdasarkan penilaian ahli materi didapatkan presentase melncapai skor ≥ 80%. dan ahli media didapatkan presentase melncapai skor ≥ 80. Bahan ajar IPA berbasis mind mapping efektif digunakan memperoleh pelnilaian validasi modull pelmbellajaran belrorielntasi problelm baseld lelarning (PBL) dan mind mapping pada matelri IPA tahap delngan hasil praktikalitas siswa 95,56%, hasil praktikalitas guru 89,6%, dan hasil respon siswa 90,15%. Delngan delmikian, modull ini pada Komponeln Kellayakan isi dan Komponeln Pelnyajian sangat layak digulnakan. Simpulan penelitian ini adalah bahan ajar sangat layak digunakan dalam pembelajaran IPA dan efektif meningkatkan hasil belajar siswa. Saran dalam pengembangannya, produk Bahan Ajar IPA Berorientasi Problem Based Learning (PBL) dan Mind Mapping digunakan sebagai bahan ajar pendamping di sekolah.
Copyrights © 2025