Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pendidikan pancasila dan budaya sekolah berperan sebagai upaya terpadu dalam memperkuat pendidikan karakter peserta didik di SD Negeri Sumber 6 Surakarta. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatifmelalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan pancasila tidak hanya diarahkan pada pencapaian kompetensi pengetahuan tetapi juga ada pembentukan karakter melalui model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dan Problem Based Learning (PBL) yang memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk mempraktikkan nilai-nilaia tanggung jawab, kerja sama, kedisiplinan, empati serta pengambilan keputusan etis. Selain itu, budaya sekolah memperkuat internalisasi nilai Pancasila melalui pembiasaan harian yang konsisten seperti upacara bendera, kegiatan religi, litersi, apel pagi, lagu daerah, jumat bersih, olahraga, program adiwiyata serta kegiatan sedekah dan zakat fitrah. Kegiatan ekstrakurikuler seperti tari dan membatik turut membentuk kreativitas, kemandirian dan rasa cinta terhadap budaya lokal. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pendidikan karakter di SD Negeri Sumber 6 Surakarta terbentuk melalui sinergi antara pembelajaran Pendidikan Pancasila yang terstruktur dan budaya sekolah yang berkesinambungan.
Copyrights © 2026