Jurnal Pendidikan
Vol 34 No 3 (2025): November

Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaian Soal Materi Busur dan Juring Lingkaran Berdasarkan Tahapan Kesalahan Kastalon

Mariyani, Tri Fosa (Unknown)
Afghohani, Afif (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Nov 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan jenis-jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal materi Busur dan Juring Lingkaran berdasarkan Tahapan Kesalahan Kastolan (konseptual, prosedural, dan teknis). Latar belakang penelitian ini didasari oleh indikasi adanya kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal matematika, terutama terkait ketidakmampuan menerapkan langkah-langkah pengerjaan seperti menuliskan rumus dan satuan dengan benar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah 28 siswa kelas XII SMA Veteran 1 Sukoharjo yang sedang mempelajari materi tersebut. Hasil analisis menunjukkan bahwa siswa mengalami semua jenis kesalahan Kastolan dengan proporsi yang bervariasi: kesalahan prosedural sebesar 71,4%; kesalahan teknis sebesar 14,3%; dan kesalahan konseptual sebesar 10,7%. Kesimpulannya, kesalahan yang paling banyak dilakukan siswa adalah kesalahan prosedural dengan persentase dominan (71,4%). Hal ini mengindikasikan bahwa kesulitan utama siswa terletak pada ketidakruntutan atau ketidakmampuan memanipulasi langkah-langkah penyelesaian soal. Secara umum, kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal busur dan juring lingkaran disebabkan oleh kurangnya ketelitian dalam pengerjaan dan kurangnya pemahaman siswa dalam konsep serta mengoperasikan bilangan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jp

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan merupakan jurnal ilmiah yang memuat dan menyebarluaskan hasil penelitian, kajian mendalam, dan gagasan atau karya inovatif di bidang pendidikan. Karya inovatif para guru dan dosen pembangunan sektor pendidikan yang mampu memberikan kontribusi positif bagi sekolah dan institusi ...