Penelitian ini memiliki peran penting untuk edukasi mengenai mitigasi bencana gempa bumi melalui aplikasi permainan (game) untuk meningkatkan pemahaman kesiapsiagaan terhadap bencana. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan game yang mampu memberikan edukasi mengenai pemahaman terhadap bencana gempa bumi. Metode yang digunakan dalam penelitian mengacu pada kerangka teori MDA Framework dari LeBlanc. Kerangka MDA Framework terbagi menjadi tiga komponen utama, yaitu Mechanic, Dynamic, dan Aesthetic. Teori ini digunakan untuk menganalisis aspek-aspek dalam mendesain game dari sudut pandang pengguna dan desainer. Hasil penelitian ini adalah desain game mitigasi bencana gempa bumi yang berfokus pada pengalaman pengguna melalui bentuk estetika interaksi dalam aplikasi permainan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah menunjukkan bahwa game edukatif berbasis kerangka teori MDA Framework mampu menjawab tantangan dalam menyebarkan konten edukasi secara luas dan efektif yang berhubungan dengan mitigasi bencana gempa bumi.
Copyrights © 2025