Tujuan kegiatan ini untuk melatih mahasiswa melakukan praktik mengajar sebagai persiapan pengenalan lapangan persekolahan. Pelaksanaan pendampingan dilakukan dengan metode diskusi dan tanya jawab, diawali dengan memberikan pemahaman tentang keterampilan dasar mengajar, yang dituangkan dalam bentuk lembar observasi keterampilan dasar mengajar. Selain itu setiap mahasiswa wajib menyusun modul ajar beserta perangkat pembelajaran yang akan digunakan pada waktu praktik. Penilaian keterampilan dasar mengajar terhadap proses pembelajaran yang dilakukan mahasiswa, dikategorikan menjadi terlaksana dan tidak terlaksana, sehingga dapat ditentukan kesiapan mahasiswa dalam melaksanakan pengenalan lapangan persekolahan. Hasil pendampingan menunjukkan semua mahasiswa telah melaksanakan praktik mengajar dan telah menerapkan semua aspek keterampilan dasar mengajar dalam kategori terlaksana. Dapat disimpulkan mahasiswa sudah siap melaksanakan pengenalan lapangan persekolahan terlihat dari terlaksananya keterampilan dasar mengajar dalam praktik mengajar.
Copyrights © 2025