Latar Belakang: Prokrastinasi akademik merupakan fenomena menunda-nunda tugas akademik yang sering dialami oleh mahasiswa khususnya pada tahap akhir studi mereka. Hal-hal yang bisa mempengaruhi prokrastinasi akademik meliputi penggunaan gadget dan motivasi belajar. Tujuan: untuk mengidentifikasi hubungan antara penggunaan gadget dan motivasi belajar dengan prokrastinasi akademik mahasiswa semester akhir di STKIP Modern Ngawi. Metode: Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif korelasional dengan metode cross-sectional. Populasi sejumlah 170 mahasiswa semester akhir di STKIP Modern Ngawi. Sampel penelitian sejumlah 120 responden dengan menggunakan Teknik purposive sampling. Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner melalui google form. Uji statistik menggunakan Correlation Spearman-Rank. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan responden dalam kategori penggunaan gadget tinggi, motivasi belajar tinggi, dan prokrastinasi akademik sedang. Hasil uji bivariat penggunaan gadget dan prokrastinasi akademik p-value = 0,001 dan r = -0, 292. Uji bivariat motivasi belajar dan prokrastinasi akademik p-value = 0,000 dengan r = -304. Kesimpulan: Terdapat hubungan negatif antara penggunaan gadget dan prokrastinasi akademik, terdapat hubungan negatif antara motivasi belajar dan prokrastinasi akademik
Copyrights © 2025