JURNAL PROFESI KEGURUAN
Vol 3, No 2 (2017): Jurnal Profesi Keguruan

Penerapan Pendidikan Karakter Melalui Metode Kooperatif Tipe Learning Together untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Fisika Siswa SMA Negeri 1 Semarang

Trisnaning, Tri Wijayanti (Unknown)
Cahyati, Ani (Unknown)
Wiyanto, Wiyanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Dec 2017

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMA Negeri 1 Semarang melalui penerapan pendidikan karakter dengan metode pembelajaran kooperatif tipe learning together. Metode kooperatif tipe learning together merupakan model pembelajaran menggunakan kelompok belajar heterogen dan menekankan terhadap interdependensi positif demi keberhasilan pembelajaran materi fluida statis. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkannya model kooperatif tipe learning together pada materi fluida statis di SMA Negeri 1 Semarang. Model yang digunakan adalah metode diskusi dengan siswa kelas XI MIPA 9 sebagai objek penelitian. Data hasil penelitian yang diperoleh adalah data penilaian karakter dan hasil belajar siswa siklus I, siklus II, dan siklus III. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar yang telah diperoleh melalui uji gain menunjukkan peningkatan sebesar 0,77 pada siklus terakhir yang masuk ke dalam kategori tinggi untuk tingkat keberhasilan, sedangkan untuk penilaian karakter meningkat secara signifikan cukup menuju kategori baik berdasarkan interval dan indikator ketuntasan. Dari data yang diperoleh, penerapan pendidikan karakter dengan model pembelajaran learning together berpengaruh pada hasil belajar yang ditunjukkan dengan nilai hasil belajar pada siklus III yang meningkat secara signifikan. Secara umum kesimpulan yang diambil dari penelitian ini adalah penerapan pendidikan karakter dengan model kooperatif tipe learning together berpengaruh dalam hal peningkatan hasil belajar pada materi fluida statis di SMA Negeri 1 Semarang.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jpk

Publisher

Subject

Education

Description

The Jurnal Profesi Keguruan is scientific publication works in the education world by teachers, professors, and the society. Scientific papers published in this journal is an article the results of research or innovative and progressive ideas in the field of formal education. The article can be a ...